Perbedaan Pistol dan Revolver

Kita tentu sering mendengar kata 'pistol' atau 'revolver'. Sayangnya, banyak diantara kita masih sering salah mengartikan pistol dan revolver sebagai sebuah kata yang mengandung arti sama. Bahkan, dibeberapa media cetak seperti koran, atau majalah masih sering ditemui kesalahan pengertian tersebut.

Kadangkala, pistol disebut sebagai FN, atau revolver disebut sebagai pistol, dll. Padahal keduanya merupakan jenis senjata genggam atau senjata laras pendek yang berbeda.
 

Senjata genggam atau senjata laras pendek lazim disebut 'firearms' atau 'handgun' sampai saat ini dikategorikan menjadi 2 jenis; yakni:
  1. Pistol
  2. Revolver
Membedakannya mudah saja. Pistol menggunakan magazine (penyimpan peluru dengan sistim pegas yang mendorong peluru naik ke ruang picu (chamber)). Sedangkan Revolver menggunakan penyimpan peluru dengan sistim putar (revolve) yang memutar peluru ke ruang picu (chamber).

Secara fisik, pistol terlihat lebih ramping, karena ruang penyimpan peluru biasanya ada di handgrip (pegangan) sedangkan revolver menyimpan peluru di bagian belakang laras.
Mana yang lebih baik, sampai saat ini tetap jadi perdebatan. Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Hingga masalah mana yang lebih baik, akan kembali kepada penggunanya masing-masing. Pistol diyakini lebih cepat menembakkan peluru kedua, ketiga, dst. Revolver diyakini lebih cepat dalam proses pengisian ulang (reloading) ketika peluru habis.

Sejarah Revolver
Spesimen pertama dari revolver (dengan cara kerja yang sama dengan revolver yang ada saat ini) tercatat dibuat tahun 1680 di Inggris. Revolver ini bernama Snaphaunce Revolver. Senjata khusus yang dirancang dan dibuat untuk John Dafte.

Elisha Collier, mempatentkan rancangan Flinslock Revolver di Inggris, pada tahun 1818. Pada saat yang hampir bersamaan, rancangan yang nyaris sama dipatentkan oleh Artemus Wheeler di Amerika dan Cornelius Coolidge di Perancis. Siapa yang pertama, masih tidak terjawab sampai saat ini.

Samuel Colt, pada tahun 1830 (saat itu ia berusia 16 tahun) mulai merancang sebuah konsep senjata baru dengan sistim putar (revolve). Ia memperoleh patent untuk Revolving Gun di Inggris pada tahun 1835 dan di Amerika pada tahun 1836. Pada tahun tersebut, Ia juga mulai memproduksi revolving gun tersebut secara massal.

Pada tahun 1839, 1848 dan 1850, Samuel Colt terus mendaftarkan dan memperoleh patent atas konsep revolving gun-nya yang saat ini dikenal sebagai revolver. Dengan kepiawaiannya tersebut, banyak orang menyandangkan predikat penemu revolver terhadap Samuel Colt.



Sejarah PISTOL
Pistol, diyakini dirancang oleh Samuel Colt dan John Browning yang merancang pistol legendaris Colt 1911 pada tahun 1887. Rancangan senjata dengan sistim magazine tersebut awalnya didisain untuk tentara Amerika yang merasa kewalahan menggunakan revolver kaliber .38 dalam melawan perlawanan suku Moro di Philipines.

Dengan desain baru dan peluru berdiameter lebih besar (cal. 45), Pistol yang diambil dari bahasa Perancis 'pistolet' dirancang untuk memberikan daya hantam (stopping power) lebih besar ketimbang revolver caliber .38 yang saat itu digunakan oleh tentara Amerika.

Pada tahun 1906, desain-desain pistol yang dirancang oleh pembuat senjata Colt, Browning, Luger, Savage, Knoble, Bergmann, White-Merrill and Smith & Wesson, mulai diuji-cobakan di kemiliteran Amerika.

Salah satu rancangan, yakni milik Samuel Colt saat itu menjadi produk terbaik pada ujicoba yang dijalankan pada tanggal 3 Maret 1911. Model tersebut kemudian populer dengan nama Colt 1911 (ninetenth-eleven).

Pada ujicoba tersebut, pistol desain Colt tersebut lulus menembakkan 6000 peluru dengan penembakan terus-menerus per-100 butir peluru, dengan masa istirahat 5 menit, dan pembersihan pistol setiap 1000 peluru.

Setelah lulus ujicoba tersebut. Pistol tersebut diproduksi secara masal, dan diberi kode/seri Colt Model 1911-A1 (atau M1911-A1). Sejak saat itu, desain pistol tidak (atau belum) pernah berubah hingga kini. Colt 1911 tersebut, sering dijuluki "A Mother of All Pistol"

So....,

Jadi, kalau Anda melihat tulisan, e.q: "..ditemukan beragam senjata jenis FN dan revolver.." itu salah kaprah. Sebagian besar kita, orang Indonesia sering membahasakan 'pistol' sebagai 'FN'. Padahal FN adalah sebuah nama (merk) fabrikan senjata di Belgia, 'Fabrique Nationalle' bukan jenis senjata.

Istilah FN sering salah kaprah diartikan sebagai jenis senjata genggam. Padahal FN adalah merk pistol. Bukan jenis senjata. Sama seperti merk (fabrikan) senjata lain seperti Colt, Smith & Wesson, Winchester, dll. Fabrique Nationalle (FN) juga memproduksi banyak senjata lain seperti FN - FAL, FN - FNC, FN - Minimi, dll.